eka_fajar
Ntah karena terlalu produkif dan kreatif, kerja part-time emang jadi dambaan hampir setiap remaja. Ngga salah banget, bahkan Ipin acungin empat jempol dah buat remaja yang seperti itu.
Tapi, Nara, aku masih bingung, gimana yah supaya aku bisa dapat kerja part-time walau masih pelajar? Gimana yah aku bisa dapat uang sambil sekolah?
Okeh!

;)
Nah, tapi Nara mau tanya dulu: motifmu mau kerja part-time apa sih? Ikutan jawab polling di bawah ini yah:


Alasan Kerja Part Time?

Di situ ada empat motif yang Nara sebutkan:
1. Bantu orang tua
Mungkin orang tuamu kurang mampu, jadinya kamu kepengen banget bisa bantu mereka. Kalo motifnya ini, lanjutkan! Namun, teteup perhatikan diri kamu juga. Jangan karena keasyikan kerja, eh, urusan sekolah dan yang lebih penting lainnya terabaikan.
Udah gitu, ‘kurang mampu’ mempunyai artian yang berbeda-beda pada setiap remaja. Ada yang nganggep kalo ortunya ngga bisa beli barang yang dia ‘inginkan’, berarti ortunya kurang mampu. Sementara remaja lain, ortunya ngga bisa beli barang yang dia ‘butuhkan’.
Nah, kamu sendiri, yang gimana tuh bisa dikatakan ortunya ‘kurang mampu’?
;)
2. Buat ortu bangga
Ortu mana sih yang ngga bangga kalo anaknya bisa cari duit sendiri? Ortu Ipin ajah bangga banget. Hehe.
Biasanya remaja yang motifnya untuk ngebanggain ortu, dia bukan ngejar duit untuk senang-senang atau cuma buat bisa beli ini itu sendiri, tapi lebih ke prestise. Ya ngga, ya ngga? Bangga dong punya penghasilan sendiri…
;;)
3. Punya uang tambahan
Hampir sama sih ama poin yang pertama dan kedua. Intinya, remaja satu ini kaga mau ngerepotin ortunya.
4. Supaya bisa beli barang yang disukai
Ini nih… Yang terakhir, ajib banget. Hihi. Remaja yang kerja part-time dengan motif bisa beli barang-barang yang dia sukai, biasanya dia ngerasa kekurangan duit mulu.
“Loh, apa bedanya, Ra, dengan yang pertama sampe ketiga, bukannya mereka juga bakal bisa beli apa yang mereka suka?”
Mirip tapi tak serupa. Xixixi. Kalo tipe yang keempat ini, dia selalu aja kekurangan duit, ngga bisa mengatur uang yang udah dikasih ke ortunya ke dia, makanya motifnya cuma supaya bisa beli barang-barang yang disukainya. Perlu diwaspadai tuh motif yang kek gitu. Okeh!
:)
Ipin cuma mau ngingetin aja dari keempat motif di atas. Ngga salah sih buat kerja part-time, tapi teteup periksa motif dan pengaturan waktu. Jangan karena keasyikan cari duit, eh, sekolah terbengkalai, eh, keluarga juga dicuekin, eh kamunya malah suka menyendiri, dan eh eh yang lain…
Kalo udah jawab polling-nya, sekarang balik ke pertanyaan yang awal tadi yuk. Gimana caranya supaya bisa kerja part-time atau ngadapetin uang tambahan sambil sekolah?
Jawabannya adalah: coba deh kamu inget-inget lagi keterampilan kamu apaan sih? Kamu suka di bidang apa? Nah, dari kemampuan dan keterampilanmu itu, kamu bisa dapat kerja atau ngeciptain lapangan kerja sendiri.
;)
1. Kerja sama orang lain
Ipin ngga tau juga sih perusahaan atau lapangan kerja mana yang mau nerima anak sekolahan. Hmm.. Tapi, kamu boleh nanya ke warnet gitu, wartel, kafe atau dimana aja yang mau nerima dan cocok dengan jam sekolahmu. Misalnya kamu ambil yang shift malam.
Mencoba aja!
;)
2. Gabung di MLM
Iya, gabung di multi-level marketing yang cocok buat kamu pastinya. Misalnya nih, Orifl*me atau Soph*e M*rtin. Bagus tuh! Apalagi kalo kamu jago banget mempersuasi orang lain. Hehe.
3. Ciptakan Pekerjaan Sendiri
Nah yang ini yang paling bagus menurut Nara. Misalnya dulu di postingan tentang Liburan Sekolah, Nara pernah bilang kaloNara pernah ngajar anak-anak sebelum masuk SD dan ngajarin temen-temen buat dapetin uang tambahan. Kamu juga bisa!
Tanya ke dirimu: apa yang aku bisa yah?
Ada yang jawab: aku jago bahasa Inggris nih, Pin! Aku pinter, Pin! Aku mau kerja apa aja deh!
:-?
Kalo gitu sekarang waktunya kamu gunain talentamu, ngga harus talenta sih. Ntar ada yang bilang: aku ngga punya bakat, Pin. Tapi, lebih ke ‘apa yang bisa kamu lakuin’. Kamu bisa buat kue apa gitu, kenapa kamu ngga jual? Kamu bisa bersih-bersih, kenapa kamu ngga nawarin dirimu? Kamu suka anak-anak? Suka hewan? Suka nulis? Kerja part time di rumah, misalnya blogging?
Contohnya, ada temen kita namanya Kikog – masih SMA, dia dapat duit dari blogging, dan sekarang sedang buat jasa pembuatan web.
Kesimpulannya, banyak hal yang bisa kamu lakuin. Asal jangan malu, dan memang ngga ada kata malu buat orang yang bekerja. Iya toh… So, tetep kreatif!
;)
Eits, jangan lupa juga untuk ngebicarain tentang niatmu untuk kerja part-time sama ortu yah. Jangan maen sendiri ajah atuh! Biar lebih ter-or-ga-ni-sa-si…
:P
Just for info, buat kamu yang sedang nyari pekerjaan, ntah full time atau part time, just looking for them at Situs Lowongan Pekerjaan
Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses

Poskan Komentar

aytafornaraindream.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

_
Valentine's day help select