eka_fajar
Blog Walker adalah blogger yang melakukan Blog Walking, di mana Blog Walking itu sendiri adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh seorang blogger di mana aktifitas tersebut adalah mendatangi blog-blog milik orang lain dan lalu menuliskan shout out ataupun komentar (comment) di blog-blog yang ia datangi dengan harapan blogger pemilik blog yang ia datangi tersebut membalas mengunjungi blog milik blogger yang melakukan blog walking.

Berbeda dengan Traffic Exchange, aktifitas blog walking tidak memiliki garansi pasti bahwa pemilik blog yang ia kunjungi akan balas mengunjungi blog milik sang blog walker. Hal ini terjadi karena memang tidak ada perjanjian yang mengikat antara para blog walker dengan blogger pemilik blog yang mereka kunjungi.


Para aktifis blog walking biasanya mengunjungi banyak blog sekaligus dalam waktu singkat sehingga biasanya mereka hanya datang lalu menuliskan comment / shout out sekenanya dan lalu melanjutkan browse ke blog lainnya. Walaupun aktifitas mereka bisa meningkatkan stat traffic kunjungan Anda, tetapi stat tersebut hasilnya semu karena dengan waktu kunjungan yang singkat tersebut mereka sama sekali punya waktu untuk membaca atau minimal menskimming blog Anda.

Jika Anda hanya menginginkan stat traffic Anda naik, mungkin semua hal tadi bukan menjadi masalah bagi Anda. Tapi jika Anda seperti saya, dimana Anda kebanyakan blog yang Anda tulis, Anda tulis dalam waktu lama dengan pemikiran yang matang dan editing yang sampai berulang-ulang maka mungkin sekedar stat traffic tidak cukup bagi Anda.

Hampir semua artikel di blog saya ini (yang tidak saya tulis dapat dari milis atau sumber lainnya) adalah buatan saya pribadi yang waktu pengkerjaannya rata-rata di atas dua jam. Ada malah yang pengkerjaannya sampai satu minggu lebih. Jadi bagi saya, saya lebih mementingkan feed back dan comment dari para pembaca saya dari sekedar stat traffic (walaupun traffic yang membesar akan sangat membantu perkembangan blog Anda). Berikut ini adalah 3 artikel yang saya buat yang memiliki jumlah views terbanyak yang sampai saat saya masih sering berkomunikasi dengan pembaca melalui kolom komentar:

Sepuntung Rokok Dalam Sakuku

Kau Menjawab Semua Waktuku Yang Hilang

Cerita Cintaku


Sampai saat ini saya sangat senang mengurus dan mengupdate artikel tersebut karena banyaknya feed back dari para pengunjung. Comment-comment tersebutlah yang membuat saya terus semangat untuk mengupdate blog saya.

Kembali ke blog walker. Sebenarnya ada cara agar mereka (para aktivis blog walking) membaca blog Anda atau minimal melakukan skimming terhadap blog Anda. Cara-cara tersebut cukup simple, tetapi tampaknya sering dilupakan oleh para blogger.



1. Menghilangkan Shout Out Box Widget
Shout Out Box adalah salah satu widget yang bisa diaplikasikan di blog Anda. Widget inilah yang menjadi ajang menyampah (Komen tidak guna seperti halo, hai, salam kenal, bla bla, yuhuuu, mampir, numpang lewat dan lainnya) para blog walker. Karena di sini mereka bisa menulis seenaknya dengan approve pasti 100%. Terlebih lagi karena shout out box ada di tiap halaman blog Anda, maka satu comment dari mereka Akan terlihat diseluruh blog Anda. Dengan adanya shout out box, para aktifis blog walking tidak akan membaca blog Anda karena mereka bisa comment seenaknya di shout out box. Dengan menghilangkan shout out box, mau tidak mau mereka hanya bisa menulis comment biasa yang adanya di tiap artikel. Dengan begini mau tidak mau mereka harus baca salah satu post Anda.


2. Membuat Comment harus mendapat approval terlebih dahulu
Dengan Comment yang harus di approve terlebih dahulu, maka para blog walker tidak akan sembarangan menulis pesan di comment, karena jika mereka sembarang mengisi, maka comment mereka pasti akan di reject oleh admin. Dengan begini, minimal mereka harus membuat comment yang sesuai dengan artikel yang ada dan cara mereka mengetahui artikel apa yang sedang dibahas adalah dengan membaca artikel itu sendiri.


3. Hilangkan Pop Up
Munculnya Pop Up (terutama pop up iklan) akan membuat user malas untuk mengunjungi blog Anda. Biasanya dia akan mengiri kalo blog Anda hanya berisi promosi berbagaimacam cara bikin uang di internet sehingga mereka takut saat mereka comment tersebut blog mereka akan di penuhi dengan spam-spam.


4. Pecepat Waktu Loading Web Anda
Jika dalam 10 detik (menurut Ahli SEO-nya Lynda.com) belum ada sesuatu yang bisa di baca dari web site Anda, maka user akan segera mengclose web site Anda karena malas menunggu loading web Anda. Untuk itu buatlah web Anda menjadi simple tanpa harus ada image-image berat yang harus di proses. Kurangi juga gambar dan text flash karena mereka biasanya membuat web site Anda menjadi lebih berat diaksesnya.


5. Gunakan Disain Standar
Pastikan disain Anda tidak terlalu rumit. Buatlah posisi comment di tempat yang memang biasanya diletakan comment. Karena jika dalam hitungan detik blog walker tidak menemukan dimana lokasi comment, maka mereka akan berasumsi bahwa tombol comment telah Anda matikan dan mereka lalu akan berjalan menuju blog lainnya.


6. Usahakan Comment dan Artikel satu halaman
Para blog walker mengakses banyak web dalam sekali waktu, jadi mereka sangat menghargai waktu. Semakin banyak klik yang harus mereka lakukan, maka semakin banyak waktu yang harus mereka buang untuk menunggu loading. Jadi jika mereka melihat mereka harus akses halaman lain hanya untuk comment di blog Anda, maka bisa saja mereka memutuskan untuk pindah ke blog lainnya yang bisa langsung mereka kasih comment tanpa harus klik sana klik sini.


7. Gunakan Font dan Background yang tidak menyulitkan dalam proses membaca
Walaupun font Anda tampak keren dan backgroundnya kelihatan menarik, tapi pastikan, apakah saat anda membaca artikel di blog Anda, Mata Anda terasa nyaman. Karena sekeren-kerennya tampilan blog Anda, kalo tidak di baca apa gunanya?

Ok, saya rasa sebenarnya sih masih ada hal-hal lainnya yang perlu ditambahkan, tetapi saya rasa ini saja sudah cukup mewakili. Oh iya, keuntungan dari para blog walker jika mereka benar-benar membaca blog Anda adalah para blog walker ini bisa menjadi pengunjung tetap Anda yang akan sering mengisi komentar dan feed back ke Anda sehingga Anda bisa meningkatkan kualitat Blog Anda menjadi lebih optimal
Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses

Poskan Komentar

aytafornaraindream.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

_
Valentine's day help select