eka_fajar
Kebiasaan merokok telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat dunia saat ini. Tak hanya orang dewasa, kebiasaan merokok juga sudah menjangkiti sebagian besar anak-anak usia sekolah. Bahkan, banyak pula yang meninggal di usia muda gara-gara kebiasaan buruk ini.

Dampak negatif yang timbul akibat kebiasaan merokok bisa bermacam-macam. Kebiasaan merokok merupakan pemicu beberapa penyakit mematikan seperti, serangan jantung, stroke, dan kanker. Namun, keadaan ini tak lantas membuat orang jera dan berhenti dari kebiasaan merokok.
Berhenti merokok adalah keputusan tepat bagi kesehatan, namun membutuhkan tekad yang kuat dalam diri Anda untuk melaluinya. Motivasi dan konsistensi adalah hal yang dibutuhkan jika Anda ingin benar-benar terlepas dari kebiasaan buruk ini. Nah, jika Anda ingin terbebas dari kebiasaan merokok, Anda bisa memulainya dengan 6 langkah berikut ini.
  1. Yakinkan Diri Anda
    Membekali diri dengan kayakinan dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok adalah modal utama yang harus Anda miliki. Berhenti merokok lebih dari sekedar mengucapkannya dengan perkataan, lebih dari itu, yakinkan diri Anda untuk benar-benar kuat dalam melalui hambatan dan godaan selama proses berhenti merokok.
  2. Kurangi Secara Berkala
    Kebiasaan yang sudah Anda lakukan bertahun-tahun tentunya akan sulit jika dihentikan secara mendadak. Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya kurangi batang rokok yang Anda isap setiap hari. Jika sebelumnya Anda menghabiskan 3-4 batang rokok, Anda bisa kurangi secara bertahap menjadi 1-2 batang saja per hari, hingga Anda benar-benar tidak mengisap sama sekali.
  3. Kenali Saat Di Mana Anda Sering Merokok
    Temukan saat-saat di mana Anda paling sering merokok, dan temukan pula solusi untuk menghindari saat-saat tersebut. Misalnya, seseorang akan cenderung merokok saat pikiran suntuk dan stres. Bila demikian, lebih baik hindari keinginan merokok dengan melakukan aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari kebiasaan merokok, contohnya berolahraga.
  4. Makanlah Secara Teratur
    Bagi para perokok, terkadang rasa lapar sering disalah artikan sebagai keinginan untuk merokok. Nah, untuk menghindari hal ini, makanlah secara teratur. Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu Anda mengurangi keinginan untuk merokok.
  5. Rajinlah Berolahraga
    Berolahraga seperti jalan kaki dan jogging setiap hari akan meningkatkan mood dan kesegaran serta meningkatkan energi Anda. Berjalan juga menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres jauh lebih baik dari merokok.
  6. Tahan Keinginan Anda
    Setiap Anda merasakan dorongan untuk merokok, tunggulah 5 menit sebelum Anda menyalakannya. Di hari berikutnya perpanjang menjadi 10 menit begitu seterusnya. Dengan cara ini tubuh Anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang secara perlahan.
Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, kebiasaan merokok juga berbahaya bagi perkembangan otot Anda. Mengapa demikian? Berbagai penelitian telah menemukan kaitan antara kebiasaan merokok dengan menurunnya level testosteron secara drastis, yang artinya perkembangan otot pun tidak bisa berjalan optimal. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh American Journal Physiological Endocrinology Metabolism juga menyimpulkan bahwa merokok dapat menghambat proses perbaikan dan pertumbuhan otot Anda.
Menghentikan kebiasaan merokok memang membutuhkan usaha dan tekad yang kuat dari dalam diri. Agar lebih bersemangat, Anda bisa mencari teman yang memiliki keinginan yang sama untuk berhenti merokok. Dengan demikian Anda akan lebih termotivasi dalam menjalani proses untuk menghentikan kebiasaan merokok.
Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses

Poskan Komentar

aytafornaraindream.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

_
Valentine's day help select